Selasa, 04 September 2012

EVALUASI DAYA CERNA PAKAN LIMBAH AZOLA PADA IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum, CUVIER 1818)



EVALUASI DAYA CERNA PAKAN LIMBAH AZOLA
PADA IKAN BAWAL AIR TAWAR
(Colossoma macropomum, CUVIER 1818)

Disusun Untuk  Memenuhi Tugas Individu
Mata Kuliah : Fisiologi Hewan
Dosen Pengampu: Yuyun Maryuningsih, S.Si. M.Pd.

Makalah


IAIN CIREBON



Disusun oleh:
Tito Eka Rahmatullah
(59461288)



Tarbiyah/ IPA Biologi- D / Semester VI



KEMENTRIAN AGAMA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI CIREBON
2012





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Penyediaan pangan merupakan masalah yang terus-menerus diupayakan pemecahannya untuk kesejahteraaan manusia, salah satunya melalui pembangunan perikanan, yaitu melalui berbagai terobosan untuk mempertinggi hasil perikanan. Salah satu jenis ikan konsumsi yang berpeluang untuk dibudidayakan adalah ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum, CUVIER 1818). Pada fase benih ikan bawal air tawar diperjualbelikan sebagai ikan hias, namun karena pertumbuhannya cepat, selanjutnya ikan ini beralih fungsi menjadi ikan konsumsi.
Ikan bawal air tawar termasuk ikan omnivora dan rakus, sangat responsive terhadap pellet buatan, bahkan terhadap hijauan sekalipun. Sumber protein utama yang sering digunakan pada pembuatan pellet adalah tepung ikan dan kedele, yang bersaing dengan pangan dan pakan ternak. Hijauan merupakan alternatif yang tepat sebagai bahan baku pencampur dalam pembuatan pellet karena mudah disediakan, murah dan banyak jenisnya, terutama yang berasal dari limbah pertanian. Salah satu limbah perairan yang berpotensi digunakan sebagai pakan adalah tumbuhan sejenis paku air (kayambang) yang disebut azola (Azolla pinnata). Menurut Singh (1979), azola cukup potensial digunakan sebagai pakan karena banyak terdapat di perairan tenang seperti danau, kolam, sungai, dan pesawahan. Selain itu pertumbuhannya cepat karena dalam waktu 3-4 hari dapat memperbanyak diri menjadi dua kali lipat dari berat segar. Kandungan protein azola tergolong tinggi yaitu 30%. Namun komposisi protein yang tinggi tersebut belum dapat menggambarkan secara pasti nilai gizi yang sebenarnya. Nilai gizi pakan tergantung kepada jumlah ketersediaan zat-zat makanan yang digunakan oleh ikan, yang ditunjukkan dari bagian yang hilang setelah pencernaan, penyerapan, dan metabolisme. Cara mengukur ketersediaan zat-zat makanan bagi tubuh tersebut adalah melaui penentuan daya cerna (Cho, dkk, 1985). Oleh sebab itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai Evaluasi Daya Cerna Pakan Limbah Azola pada Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma Macropomum, Cuvier 1818).



B.     Rumusan Maslah
1.    Bagaimana pengaruh tingkat pemberian azola (Azolla pinnata) terhadap daya cerna ransum ikan bawal air tawar?
2.    Bagaimana daya cerna pakan azola (Azolla pinnata) pada ikan bawal air tawar?

C.    Tujuan Penelitian
1.    Mengetahui pengaruh tingkat pemberian azola (Azolla pinnata) terhadap daya cerna ransum ikan bawal air tawar.
2.    Mengetahui nilai daya cerna pakan azola (Azolla pinnata) pada ikan bawal air tawar.




































BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Azolla adalah asal kata dari bahasa latin yaitu azollaceae, yang merupakan tumbuhan paku air yang termasuk ordo Salviniales, famili Azollaceae. dan mempunyai enam spesies. Sangat mudah berkembang terkadang dianggap petani sebagai gulma atau limbah pertanian di daerah Sumatera umumnya disebut kiambang. Azolla pada daerah persawahan akan mengambang diatas permukaan air dan bila air surut akan menempel pada tanah yang lembab. Pemanfatan azolla sebagai pupuk pengganti urea telah banyak dilaporkan oleh karena dapat mengikat nitrogen yang cukup besar. Spesies yang banyak terdapat di Indonesia terutama di pulau Jawa adalah Azolla.pinnata, dan biasa tumbuh bersama-sama padi di sawah. (Lumpkin dan Plucknett. 1982).  Meski sudah diperkenalkan dan dipopulerkan sejak awal tahun 1990-an, ternyata belum banyak petani yang memanfaatkan tanaman azolla ( Azolla pinnata) untuk usaha taninya. Padahal manfaat tanaman air yang satu ini cukup banyak. Selain biasa untuk pupuk dan media tanaman biasa, azolla juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak dan ikan.
Azola adalah sejenis tumbuhan paku air biasa ditemukan di perairan tenang seperti danau, kolam, sungai, dan pesawahan. Para petani biasanya menganggap azola sebagai gulma atau limbah pertanian. Azola termasuk ordo Salviniales, family Azollaceae, dan terdiri atas enam spesies, yaitu : A. filiculoides, A. caroliana, A. mexicua, a. microphylla, A. pinnata, dan A. nilotica. Spesies yang banyak di Indonesia terutama di pulau Jawa adalah A. pinnata, dan biasa tumbuh bersama-sama padi (Lumpkin dan Plucknett, 1982). Menurut Cho, dkk. (1982), azola dapat digunakan sebagai salah satu sumber protein nabati penyusun ransum ikan, karena mengandung protein yang cukup tinggi. Azola mengandung protein kasar 24-30%, kalsium 0,4-1%, fosfor 2-4,5%, lemak 3-3,3%, serat kasar 9,1-12,7%, pati 6,5%, dan tidak mengandung senyawa beracun.
Ada beberapa alternatif bahan pakan yang dapat dimanfaatkan dalam penyusunan pada salah satunya adalah tepung Azolla.  Tanaman Azolla potensial digunakan sebagai pakan karena banyak terdapat di perairan tenang seperti danau, kolam, rawa dan persawahan. Pertumbuhan Azolla dalam waktu 3 – 4 hari dapat memperbanyak diri menjadi dua kali lipat dari berat segar (Haetami dan Sastrawibawa, 2005).
Tanaman Azolla memiliki kandungan protein yang cukup tinggi 28,12% berat kering (Handajani, 2000), sedangkan Lumpkin dan Plucknet (1982) menyatakan kandungan protein pada Azolla sp sebesar 23,42% berat kering dengan komposisi asam amino esensial yang lengkap. Kandungan protein yang tinggi dari tanaman Azolla belum dapat menggambarkan secara pasti nilai gizi yang sebenarnya. Nilai gizi pakan tergantung pada jumlah ketersediaan zat-zat makanan yang digunakan ikan, yang ditunjukkan dari bagian yang hilang setelah pencernaan, penyerapan, dan metabolisme. Cara mengukur ketersediaan zat-zat makanan bagi tubuh ikan adalah melalui penentuan kecernaan.
Di Bali, azolla biasa dan sering dijumpai terapung di perairan sawah dan kolam ikan, karena dianggap gulma, para petani lantas menyingkirkannya. Ditumpuk dan dibuang begitu saja. Padahal, bila dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman padi di sawah, azolla ini bisa menekan penggunaan pupuk urea sampai 65 Kg/ ha.
Bawal air tawar dapat memanfaatkan pakan nabati 75-100% dan menghasilkan pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan pakan nabati 50% (Bittner,1989). Hal ini juga biasa dilakukan oleh para petani dalam memberi pakan pada ikan bawal yang terdiri dari campuran pellet dan hijauan segar dengan frekuaensi 3-5 kali sehari. Bittner (1989) menyatakan bahwa kebutuhan protein pada ikan bawal air tawar berkisar 25-37%. Sedangkan menurut Pras (1993), pada ikan bawal hasil pendederan kedua (ukuran 50 g), dapat diberikan pellet dengan kandungan protein 27%.
Ditinjau dari karakteristik saluran pencernaannya, ikan bawal air tawar mempunyai potensi tumbuh yang cukup tinggi, karena bagian organ pencernaannya cukup lengkap. Ikan ini mempunyai gigi yang berfungsi memotong dan menghancurkan pakan, seperti halnya ikan grass carp dan piranha sehingga ikan ini mampu beradaptasi terhadap segala jenis makanan, termasuk hijauan kasar seperti daun-daunan. Lambung ikan ini berbentuk U dengan kapasitas cukup besar. Ususnya panjang, dan pada bagian anteriornya dilengkapi dengan piloric saeca yang didalamnya terjadi proses pencernaan enzimatis seperti halnya pada usus dan lambung. Bagian akhir dari usus terjadi diferensiasi usus yang lebih lebar yang disebut rectum. Pada bagian ini tidak lagi terjadi pencernaan, fungsinya selain sebagai alat ekskresi, juga membantu osmoregulasi (Hoar, 1979).
Zat gizi pakan dan pertumbuhan ikan merupakan faktor pembatas dalam suatu model pertumbuhan. Daya cerna adalah bagian pakan yang dikonsumsi dan tidak dikeluarkan menjadi feses (Maynard, 1979). Kapasitas lambung dan laju pakan dalam saluran cerna merupakan variabel dari daya cerna. Ikan yang berbobot lebih kecil akan mengosongkan sejumlah pakan (% bobot tubuh per jam) dari dalam lambungnya lebih cepat dibanding ikan yang berbobot lebih besar, sehingga jumlah konsumsi pakan relatif (% bobot tubuh/hari semakin kecil) (Wooton, dkk., 1980). Akan tetapi semakin besar ukuran ikan, daya cerna komponen serat semakin baik. Selain faktor ukuran ikan, daya cerna dipengaruhi oleh komposisi pakan, jumlah konsumsi pakan, status fisiologi, dan tata laksana pemberian pakan. Menurut Rankin, dkk, (1993), frekuensi pemberian dua atau tiga kali sehari cukup untuk menghasilkan konsumsi maksimum, sehingga dapat digunakan dalam penelitian daya cerna.
Berbagai pendekatan telah digunakan para peneliti untuk meneliti daya cerna pada ikan. Ada dua metode untuk meneliti daya cerna, yaitu metode koleksi feses dan metode indikator (Maynard, dkk., 1979). Sangat sulit memisahkan feses dari air dan sisa-sisa ransum. Oleh sebab itu pendekatan yang paling tepat untuk mengatasi sulitnya pengukuran jumlah konsumsi dan pengumpulan feses adalah dengan metode indikator (Maynard, dkk., 1979, Cho, dkk. 1985). Prosedur pengambilan feses dengan metode ini dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan feses dari usus besar setelah ikan dibunuh dan dibedah (Windell, 1978, Soares dan Kifer, 1971).
Metode pengumpulan feses dari usus besar ini dilakukan dengan asumsi bahwa pencernaan dan penyerapan zat gizi terjadi pada usus halus dan bukan pada usus besar. Protein mulai dicerna di lambung dan kemudian di duodenum, disedangkan penyerapannya dimulai di duodenum dan berakhir di jejenum (Sklan dan Hurwitz, 1980). Koefsien cerna tidak dapat dihitung dari total koleksi feses ikan seperti halnya pada hewan yang digembalakan. Kriteria dari indikator yang ideal adalah : 1) harus tidak dapat diabsorbsi. 2) harus tidak disamarkan oleh proses pencernaan. 3) harus secara fisik sama atau bergabung dengan materi yang akan ditandai dan 4) metode estimasi dalam sampel digesta harus spesifik dan sensitif (Maynard et al 1979). Rumus perhitungan koefisien cerna dengan menggunakan metode dari Schneider dan Flatt (1973) dan Ranjhan (1980) adalah sebagai berikut:
                                   % Indikator dlm ransum              % Nutrien dlm feses
   Koefisien cerna :100-     100                                            X
                                   % Indikator dlm feses                  % Nutrien dlm ransum









BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (5x4), yaitu berbagai tingkat penggunaan azola dalam pakan buatan (0%, 15%, 30%, 45% dan 60%.) dengan 5 macam perlakuan ransum dan masing-masing diulang sebanyak 4 kali. Peubah yang diamati adalah daya cerna limbah azola dalam\pakan buatan. Data yang diperoleh dianalisis dengan Sidik ragam, dan setiap perbedaan antar perlakuan diuji dengan menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan. Penelitian dilaksanakan di kolam percobaan indoor Ciparanje milik Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian UNPAD, mulai Bulan Mei sampai Juli 2002. Analisis zat-zat makanan dan lignin dilakukan di Laboratorium nutrisi ternak Ruminansia dan Industri Makanan ternak, Fakultas Peternakan UNPAD.

A.  Alat dan Bahan Penelitian
Alat-alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1.      Wadah penelitian berupa bak fiber bervolume 1m3 sebanyak 15 buah untuk kolam percobaan, yang masing-masing diisi air tawar ¾ bagiannya, dan kemudian diisi ikan bawal air tawar dengan kepadatan 3 ekor per 200 L.
2.      Satu buah blower dan 15 buah aerator untuk memasok udara dan Thermometer air raksa untuk mengukur suhu air.
3.      Timbangan analitik satu buah untuk mengukur berat badan ikan dan pakan uji dan Timbangan O-haus untuk mengukur berat bahan baku penyusun pellet.
4.      PH meter dan spektrofotometer “Milton Roy Spektronik”, Alat pencatat waktu sarung tangan, lap, pinset, benang, dan pisau bedah untuk alat memotong ikan dan memisahkan feses dari usus besar.
5.      Oven dan alumunium foil untuk mengeringkan feses.
6.      Instalasi penguji lignin dan penguji Protein cara Kjehdahl
7.      Mesin pencetak pellet.
Sedangkan bahan-bahan yang digunakan adalah :
1.      Azola yang dikeringkan.
2.      Dedak padi, tepung ikan, CMC, minyak ikan dan tepung kedele.
3.      Bahan-bahan kimia untuk menguji kandungan lignin dan protein.
Ikan uji yang digunakan adalah ikan bawal air tawar sebanyak 40 ekor dengan bobot tubuh 200 + 10 g. Bahan pakan penyusun ransum yang digunakan terdiri dari ransum basal (Ro), yang terdiri dari tepung ikan (17%), tepung kedele (50%), dedak padi (26%), minyak ikan (1%), CMC (5%), dan top mix (1%), serta tepung azola dengan berbagai tingkat penambahan 15% (R0) 30 % (R1) 45% (R3), dan 60% (R4), dengan kandungan protein ransum berkisar 25-27?%.
Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu :
a. Tahap adaptasi selama dua minggu yang bertujuan untuk :
·         Membiasakan ikan terhadap pakan uji dan faktor lingkungan lain.
·         Mengamati lama pakan di dalam saluran pencernaan yang ditandai dengan awal keluarnya feses, dan menentukan frekuensi pemberian pakan.
b. Tahap pengumpulan feses selama dua minggu, yang meliputi :
·         Pakan diberikan secara ad libitum dengan frekuensi tiga kali sehari (sesuai tahap adaptasi).
·         Pada hari terakhir penelitian ikan dibedah dan diambil fesesnya.
c. Tahap analisis feses, yang meliputi : berat segar, berat kering jemur, dan kering oven, analisis protein dan kandungan lignin pakan.

B.  Cara Pengamatan
1.      Pengambilan sampel feses.
Pengambilan sampel feses dilakukan satu kali pada jam ke-7. Sampel feses diambil dari usus besar dan anus dengan cara pembedahan. Waktu pengambilan ikan uji untuk diambil sampel fesesnya, disesuaikan dengan laju pelaluan pakan sejak dikonsumsi sampai keluar menjadi feses. Laju pelaluan tersebut diamati setiap hari, sebelum pengambilan sampel feses dilakukan.
2.      Perhitungan daya cerna.
Data yang dikumpukan ; Lignin ransum (%), Bahan kering feses (%), Bahan kering ransum (%), Lignin feses (%).








 
                                   % Lignin pakan               % Nutrien dlm feses
   Daya cerna :100-  100                                          X
                                   % Lignin feses                 % Nutrien dlm pakan

Schneider dan Flatt (1973) dan Ranjhan (1980)
Selanjutnya, untuk menentukan daya cerna pakan azola, mempergunakan persamaan dari Crampton dan Harris (1969) sebagai berikut:

Kbp = 100 (T – B) + B
                      S
Keterangan:
Kbp     = Daya cerna bahan pakan
T          = Daya cerna ransum perlakuan
B         = Daya cerna ransum basal
S          = Persentase bahan pakan dalam ransum


























BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Pengaruh Perlakuan terhadap Daya Cerna Bahan Kering Ransum
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap feses dan perhitungan daya cerna bahan kering ransum, maka rataan daya cerna bahan kering ransum perlakuan dapat ditelaah pada Tabel 1 di bawah ini.
Tabel 1. Rataan daya cerna bahan kering ransum perlakuan pada ikan bawal Air tawar.


 
Ulangan                                                    Perlakuan
                 R0                   R1                   R2                   R3                   R4
          ……………………………...(%)……………………………………………
1         67,70             67,56                64,84               63,31               58,97
2         66,84             67,60                64,30               64,41               58,80
3         69,26             67,52                64,70               63,68               58,63
4         67,80             67,63                64,42               62,71               58,41
        Jumlah    271,60         270,31               258,31             254,11             234,81
Rataan     67,90            67,58                64,58                63,53               58,70
Tabel 1 terlihat bahwa rataan daya cerna bahan kering tertinggi adalah pada perlakuan R0, yaitu sebesar 67,90% dan terendah pada perlakuan R4, yaitu sebesar 58,70%. Untuk mengetahui sampai seberapa besar daya cerna bahan kering ransum dipengaruhi oleh perlakuan, maka dilakukan analisis sidik ragam yang hasilnya ditampilkan pada Lampiran 6. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan tepung azola dalam ransum memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap daya cerna bahan kering ransum. Perbedaan antara rataan perlakuan terhadap daya cerna bahan kering ransum, diketahui dengan menggunakan uji jarak berganda Duncan yang hasilnya seperti pada Tabel 2.
Tabel 2. Uji jarak berganda duncan pengaruh perlakuan terhadap daya cerna bahan kering ransum perlakuan pada ikan bawal air tawar


 
Perlakuan                    Rataan daya cerna bahan kering                     Signifikansi
     Ransum                                        0,05          0,01
 ……………..……..(%)……………………….
     R0                                                                     67,90                                            A              A
     R1                                                               67,58                                           A              A
     R2                                                                     64,58                                            B              B
                 R3                                                                     63,53                                            C              B
  R4                                                              58,70                                            D              C
            Keterangan ; Huruf yang sama ke arah kolom menunjukkan tidak berbeda nyata.
Tabel 2 di atas menunjukkan bahwa rataan daya cerna bahan kering ransum ikan bawal air tawar yang diberi perlakuan R1 tidak menunjukkan perbedaan yang nyata dengan perlakuan R0 yang berarti bahwa penggunaan azola sampai 15% tidak menurunkan daya cerna bahan kering ransum. Rataan daya cerna bahan kering ransum ikan bawal air tawar yang diberi perlakuan R2 , R3 dan R4 nyata (P<0,05) lebih rendah dibanding dengan perlakuan R0 maupun R1.
Rendahnya daya cerna bahan kering ransum yang mendapat perlakuan R2 , R3 dan R4 disebabkan oleh meningkatnya kandungan serat kasar dalam ransum (Tabel 2)_yang menyebabkan daya cerna zat-zat makanan lainnya menurun. Sejalan dengan pendapat Ranjhan (1980) yang menjelaskan bahwa tipe dan kuantitas karbohidrat dalam bahan atau penambahannya dalam ransum merefleksikan daya cerna zat-zat makanan lainnya, terutama dengan meningkatnya kandungan serat kasar dalam ransum, maka daya cerna zat-zat makanan lainnya akan menurun. Dinyatakan pula bahwa tinggi rendahnya daya cerna zat-zat makanan dalam ransum dapat dipengaruhi oleh laju perjalanan makanan di dalam saluran pencernaan serta kandungan zat-zat makanan yang terdapat di dalam ransum tersebut.
Bahan kering merupakan cerminan dari besarnya karbohidrat yang terdapat di dalam bahan pakan penyusun ransum, karena sekitar 50 - 80 % bahan kering tanaman tersusun dari karbohidrat. Di dalam analisis proksimat, beberapa komponen dinding sel, seperti hemiselulosa, selulosa, dan lignin, termasuk di dalam kelompok karbohidrat (serat kasar dan BETN), sehingga ransum yang mengandung serat kasar yang relatif berbeda maka daya cerna bahan keringnya relatif berbeda pula.
Faktor-faktor lain yang diduga ikut mempengaruhi nilai daya cerna bahan kering ransum adalah (1) tingkat proporsi bahan pakan dalam ransum; (2) komposisi kimia; (3) tingkat protein ransum; (4) persentase lemak; dan (5) mineral. Hal ini ditunjukkan dengan data bahwa semakin tinggi kandungan lignin yang didapat pada feses (Lampiran 5), ternyata nilai bahan kering ransum dapat dicerna semakin rendah. Disamping itu, perbedaan nilai bahan kering dapat dicerna, mungkin disebabkan karena adanya perbedaan pada sifat-sifat makanan yang diproses, termasuk kesesuaiannya untuk dihidrolisis oleh enzim dan aktivitas substansi-substansi yang terdapat di dalam pakan.
Hasil percobaan menunjukkan bahwa penambahan tepung azola sampai tingkat 15% dalam ransum, memberikan pengaruh yang sama baiknya dengan ransum basal (R0) terhadap nilai daya cerna bahan kering ransum. Akan tetapi, penambahan pada tingkat 30%, 45%, dan 60% nyata menurunkan nilai daya cerna bahan kering ransum.

B.  Daya Cerna Azola.
Daya cerna adalah kemampuan untuk mencerna suatu bahan, sedangkan bahan yang tercerna adalah bagian dari pakan yang tidak diekresikan dalam feses. Nilai nutrisi dari suatu makanan bagi ikan bergantung pada sejauh mana ikan tersebut mampu mencerna makanan tersebut, untuk mengetahui besarnya daya cerna ikan terhadap makanan dapat dilakukan dengan menggunakan Chromix Oxide (Cr2O3) sebagai indikator, selanjutnya feses yang mengandung Cr2O3 dikumpulkan dan dianalisis kandungan zat tersebut. Perbandingan Cr2O3 dalam pakan dan feses dapat memberikan perkiraan daya cerna pakan (Tilman, et. al., 1996).
Nilai daya cerna bahan kering azola hasil percobaan dapat dilihat pada Tabel 3.
Tabel 3. Rataan daya cerna azola
                                Daya cerna                      Ulangan                       Daya cerna
             Ulangan                Bahan Kering                                                     Bahan Kering
       …… (%)……                                                    …… (%)……
      1                             67,88                              9                                  67,80
                  2                             67,88                             10                                 67,82
                  3                             67,88                             11                                 67,81
                  4                             67,88                             12                                 67,79
                  5                             67,80                             13                                 67,75
                  6                             67,78                             14                                 67,75
                  7                             67,79                             15                                 67,75
                  8                             67,78                             16                                 67,74
         Rataan                                                                                                   67,81

Tabel 3 menunjukkan bahwa rataan nilai daya cerna bahan kering azola yangdiuji secara biologis pada ikan bawal air tawar adalah 67,81%. Nilai tersebut menunjukkan koefisien cerna zat-zat makanan azola.
Ikan yang diberi ransum (pakan) akan menghasilkan feses yang mengandung residu dari ransum (pakan) yang tidak dicerna dan diabsorpsi, sisa mikroflora, dan atau hasil ikutan dari metabolisme intermedier. Dalam hal, ini untuk menghitung koefisien cerna dapat dianggap bahwa bagian yang dimakan dan tidak terdapat lagi dalam feses, itulah yang dicerna. Perbedaan antara komponen yang dimakan dan jumlah yang tidak ditemukan kembali di dalam feses dibagi dengan jumlah yang dimakan, itulah koefisien cerna dari komponen dalam ransum (pakan) tersebut (Wahju, 1997).
Data yang diperoleh menujukkan bahwa lignin tidak bermanfaat sebagai zat makanan, bahkan mempunyai efek yang merugikan terhadap zat-zat makanan lain, terutama mengenai ketersediaan zat-zat makanan tersebut untuk diabsorpsi. Dalam kaitan ini, telah diketahui bahwa diantara spesies hewan dan termasuk juga ikan berbeda kemampuannya dalam mencerna lignin, sehingga daya cerna menjadi tidak tetap pada spesies hewan yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh populasi mikroflora yang beragam pada spesies hewan baik dalam jumlah maupun komposisinya.
Secara nutrisi, lignin selalu dihubungkan dengan selulosa dan hemiselulosa. tetapi lignin tidak termasuk ke dalam kelompok karbohidrat melainkan merupakan lapisan protektif pada struktur selulosa dan hemiselulosa serta jaringan tanaman selama pertumbuhan. Walaupun tanaman azola yang diketahui mengandung lignin yang cukup tinggi, namun dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan. Hal ini berdasarkan nilai daya cerna azola (67,81%) yang tidak berbeda jauh dengan daya cerna ransum basal sebesar 67,90%. Namun dari hasil penelitian ini penggunaannya untuk pakan ikan bawal air tawar perlu dibatasi sampai 15%, karena penggunaan 30% atau lebih menurunkan daya cerna ransum.
























BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Penggunaan tepung azola pada tingkat 15% dalam ransum (R1) tidak memberikan pengaruh negatif terhadap daya cerna bahan kering ransum. Hasil tersebut didukung oleh data : nilai daya cerna bahan kering ransum = 67,90%; daya cerna pakan azola = 67,81%. Penggunaan azola 30% atau lebih menurunkan daya cerna.

B.     Saran
Penggunaan tepung azola dalam ransum ikan bawal air tawar tidak lebih dari 15% ditinjau dari daya cernanya.























DAFTAR PUSTAKA
Bittner, A. 1989. Budidaya Air. Yayasan Bogor Indonesia. Jakarta. 265 hal.

Cho, C.Y., C.B. Cowey, and R. Watanabe. 1985. Finfish Nutrition in Asia :
Methodological approaches research Centre. Ottawa. 154 pp.

Crampton, E.W. and L.E. Harris. 1969. Applied Animal Nutritions. W.H. Freeman
and Co., San Fransisco.

Hoar, W.S., D.J. Randall, and J.R. Brett. 1979. Fish Physiology. Vol. VIII.
Ed. Bioenergetic and growth. Academic Press. Inc. 786 pp.

Maynard et al. 1979. Animal Nutrition. Seventh Edition McGraw-Hill Book Company,
Philippine.

Pras, H. 1993. Colossoma macropomum si bawal Air Tawar. Dalam Techner No. 05.tahun 1.

Ranjhan, S.K. 1980. Animal Nutrition in the Tropics. Vikas Publishing Hause P&T
Ltd., New Delhi.

Schneider, B.H. and W.P. Flatt. 1975. The Evaluation of Feeds Through Digestibility
Experiment. The University of Georgia Press, New York.

Singh, P.K. 1979. Use of Azolla in rice production in India. In Nitrogen and Rice. Int. Rice
Rest. Inst. Los Banos. Philippines. p. 407-418.

Sklan, D. and S. Hurwitz. 1980. Protein Digestion and Absorption in Young Chich and
Turkey. Journal Nutrition. 110 : 139-144

Soares, J.H., and R.R. Kifer. 1971. Evaluation of protein based on residual amino acid of the
illecal contents of chick. Poultry Sci. Brazil. 117 pp.

Wahju, J. 1997. Ilmu Nutrisi Ternak. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Wooton, R.J., J.R.M. Allen, and S.J. Cole. 1980. Effect the body weight and temperature on
the maximum daily food consumption of Gasterosteus aculeatus L. and Phoxinus phoxinus (L). Selecting and appropriate model. Journal of fish biology, 17:695-705.

1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Sites » 100% up to $2000 Welcome Bonus
    Lucky Club Casino Sites — In luckyclub order to use these funds, you need to make a deposit. The only other option that is required is to use the funds

    BalasHapus