Selasa, 04 September 2012

Dryoptris sp



Dryoptris sp

Makalah
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mandiri
Mata Kuliah: Taksonomi
Dosen: Noviyanti Musfiroh, MP.




Disusun oleh:
Tito Eka Rahmatullah
NIM : 59461288



TARBIYAH/IPA BIOLOGI D/SEMESTER III

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI
CIREBON
2010
Dryoptris sp


Kingdom         : Plantae
Division           : Pteridophyta
Class                : Pteridopsida
Order               : Polypodiales
Family             : Dryopteridaceae
Genus              : Dryopteris
Species            : Dryoptris sp

 Dryopteris (diucapkan / draɪɒptərɨs /), yang biasa disebut kayu pakis, pakis laki-laki, dan pakis naung, adalah genus dari sekitar 250 jenis pakis dengan distribusi di belahan bumi utara sedang, dengan keanekaragaman jenis tertinggi di Asia Timur. Banyak dari spesies kekar, perlahan-lahan merayap batang bawah yang membentuk sebuah mahkota, dengan sebuah cincin vas-seperti daun. Para sori berbentuk bulat, dengan indusium peltate. Para stipes memiliki skala menonjol. Hibridisasi merupakan fenomena terkenal dalam kelompok ini, dengan banyak spesies yang dibentuk dengan hibridisasi.
Dryopteris sp digunakan sebagai tanaman makanan oleh larva beberapa spesies Lepidoptera termasuk sophroniella Batrachedra (yang feed secara eksklusif pada cyatheoides D.) dan auratus Sthenopis.  Pada Dryopteris sp  memiliki daun. Daun hijau tuanya memiliki ukuran berkisar  60-160 cm, agak kaku dan bertekstur keras, bipinnate, dengan berlawanan pinnae pada malai, sedangkan malai di dasar daun palem yang padat ditutupi oleh sisik berwarna kuning-coklat yang dikenal sebagai ramenta. Setiap pinna 8-18 cm panjang, pinnules luas persegi panjang dengan margin sedikit bergerigi, dan penurunan dalam ukuran hanya dekat dengan ujung pinna.
Dryopteris jenis expansa , alpine kayu pakis atau penyebaran pakis, adalah spesies asli pakis untuk mendinginkan daerah beriklim sedang dan subarctic dari belahan bumi utara, selatan di ketinggian di pegunungan ke Spanyol dan Yunani di Eropa selatan, ke Jepang di Asia Timur, dan pusat California di Amerika Utara. Spesies ini pertama kali dijelaskan dari Jerman. Ini lebih suka dingin, hutan campuran atau hijau lembab dan celah-celah batu di lereng pegunungan, sering tumbuh pada kayu membusuk dan tunggul pohon dan lereng berbatu. Hal ini khas tepi sungai di alam, dan terutama berhubungan dengan bank sungai.
Hal ini mudah bingung dengan dilatata Dryopteris terkait (Broad Buckler Fern), berbeda dalam daun biasanya lebih kecil, dan dalam skala coklat pucat pada daun palem batang yang lebih seragam dalam warna, jarang memiliki garis gelap pusat. Hal ini juga berbeda dalam sitologi dalam memiliki 2n = 82 kromosom (164 di dilatata D.). Daun Dryopteris  expansa sangat mirip dengan Dryopteris  arguta.
Nama spesies ini expansa, pakis, adalah dari expando Latin, yang berarti "untuk menyebar, menyebar terpisah, untuk memperluas". Nama umum lainnya termasuk Fern Kayu Utara, Kayu Fern melengkung, berduri Kayu Fern dan Crested Kayu Fern.
Daun evergreen mencapai panjang maksimum 1 - 2 ft, dengan sebuah mahkota tunggal pada setiap batang bawah. Para sori bulat terletak di pinggiran dari jaringan daun, maka nama umum. Tepat sebelum spora matang, yang sori berubah warna biru-violet yang menarik.
Dryopteris carthusiana H.P. Fuchs (syn. D. spinulosa (DARI Muell) O. Kuntze.) Merupakan jenis asli pakis untuk lembab hutan di seluruh Kerajaan Holarctic. Hal ini dikenal sebagai naung Persempit pakis di Inggris Raya, dan sebagai kayu Spinulose pakis di Amerika Utara. Ini adalah tetraploid asal hibrida, salah satu yang intermedia Dryopteris, dikenal di Amerika Utara sebagai kayu antara pakis, dan tidak diketahui, tampaknya spesies punah dijuluki semicristata Dryopteris, yang juga merupakan induk dianggap dari cristata Dryopteris hibrida-asal.
Adapun struktur Dryopteris  sp secara makroskopis terdiri dari daun, batang, akar dan terdapat tunas muda. Sedangkan untuk alat perkembangbiakannya dengan spora disebut dengan sporofil yang terdapat pada bagian bawah tepi daun. Sporofil tersebut terdiri dari kumpulan sori-sori yang disebut dengan sorus.

 
                           Dryopteris sp
Memiliki sebuah gemuk, kayu, merayap atau mendaki saham dengan besar, daun-daun hijau berenda 10-60 cm (jarang 90 cm) lama. Deltate daun yang bipinnate di dasar, menyirip menuju puncak. rimpang ini tegak atau menaik, sering memproduksi cabang. sori terjadi medial di bagian bawah pinnae tersebut. Perbanyakan adalah dengan spora dan vegetatif dengan pembelahan dari rimpang.
Dryopteris sp dikenal sebagai perisai marjinal kayu pakis. Dryopteris  sp  sering ditemukan di daerah teduh dan lembab.  Terdapat juga pada daerah dingin, tetapi cukup tahan juga kekeringan . Dryopteris  sp sering menempel pada tembok dan celah-celah batu dimana tempat tersebut dalam keadaan lembab.
Sedangkan peranan Dryopteris sp dalam kejidupan sehari-hari diantaranya sebagai berikut :
1.      Dryopteris banyak spesies yang sangat diinginkan sebagai tanaman hias taman, terutama Driryopteris erythrosa dan Dryoptris filix, sebuah taman yang sangat populer pakis di Kepulauan Inggris dan Eropa, dengan berbagai kultivar.
2.      Sebagai agen anti-mikroba, misalnya, akar ekstrak dari Dryopteris cristata. Telah terbukti manjur dalam mengusir parasit usus dari mamalia tertentu.
3.      Dryopteris sp digunakan sebagai tanaman makanan oleh larva beberapa spesies Lepidoptera termasuk sophroniella Batrachedra (yang feed secara eksklusif pada Dryopteris cyatheoides) dan auratus Sthenopis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar